[ULASAN] A Level Paging, Segmentation, and Virtual Memory

Video pertama yang akan saya ulas adalah mengenai Memory. Video yang berjudul “A Level Paging, Segmentation, and Virtual Memory” diunggah oleh craigndave pada Juli tahun 2015. Video ini berdurasi 5:19 dengan views hampir mencapai 43.000 dan dapat diakses pada https://youtu.be/LKe7xK0bF7o .

Video ini menjelaskan tentang bagaimana cara paging dan segmentation bekerja dan perbedaan diantara keduanya, serta apa yang dimaksud virtual memory dan juga kegunaannya. Pada awal video, diberitahukan bahwa ada program-program yang menempati RAM, yang diantara program-program tersebut terdapat ruang kosong yang siap untuk ditempati oleh program lain. Namun, yang menjadi masalah adalah ketika ruang kosong tersebut tidak cukup untuk ditempati sebuah program baru. Maka, terdapat dua strategi untuk menyelesaikannya, yaitu dengan paging (membagi memory menjadi section yang lebih kecil dengan ukurang yang sama) atau segmentation (membagi memory dengan tetap menjaga logical divisions dari program).
Dalam video ini, juga dijelaskan masalah lain dalam penempatan program dalam sebuah memory, contohnya ketika terdapat program yang ingin masuk tetapi tidak ada lagi ruang kosong yang tersisa dalam memory. Maka solusi yang dapat menyelesaikan masalah ini adalah dengan memindakan section dari program yang sedang tidak digunakan ke hard disk (diketahui sebagai virtual memor). Walaupun masalah terselesaikan, tetapi cara ini juga dapat menyebabkan masalah lain seperti disk thrashing karena terlalu memakan banyak waktu saat memindahkan program dari RAM ke hard disk secara bergantian.
Menurut saya, video ini sangat membantu penonton video untuk memahami  paging, segmentation, dan virtual memory dengan mudah. Pemberian permasalahan di awal akan membantu pemahaman dalam materi tersebut. Rangkuman dari materi yang disampaikan video tersebut juga di tampilkan ulang di akhir video sehingga lebih mudah diingat. Suara jernih dan ilustrasi yang baik tentu sangat membantu dalam proses belajar.

GITHUB Account : witars
URL Ulasan : http://oswitwit.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-level-paging-segmentation-and.html
URL konten : https://youtu.be/LKe7xK0bF7o (5:19)
Video Author : craigndave
Pemetaan Konten : Week05
Tanggal Submisi Revisi Pertama : 15 Mei 2017
Tanggal Submisi Revisi Terakhir : 15 Mei 2017


Komentar

Postingan populer dari blog ini

[ULASAN] Little Endian vs Big Endian

RANKING06 ULASAN PESERTA OS 2017-1

RANKING10 ULASAN PESERTA OS 2017-1